Jumat, 19 Juni 2009

Defragment Hardisk

Defragment adalah proses menyusun ulang urutan susunan file pada media penyimpan seperti hardisk akibat tidak cukupnya satu file disimpan dalam satu urutan / baris karena sisa ruang yang kecil, sehingga sisa file tsb disimpan terpisah, proses defragment ini memindahkan file-file yang kecil sehingga tersedia ruang yang cukup agar bisa ditempati.
Akitbat hardisk yang banyak file yang fragment ini semua akses baca dan tulis hardisk melambat karena seringnya head Hardisk berpindah, seperti mejalankan program, proses copy, save file.
Frekuensi defragment hardisk bisa dilakukan secara periodik tergantung seringnya pemakaian komputer.
Cara defragment menggunakan Disk Defragment di Windows XP,

click tombol START - ALL PROGRAMS – ACCESSORIES - SYSTEM TOOLS - DISK DEFRAGMENT



Defragment
  Defragment2
  Click partisi atau hardisk yang akan didefrag    
  Click tombol ANALYZE    
  Setelah dianalisa berapa persen banyak file yang fragment, tekan tombol DEFRAGMENT 
 Defragment3
Proses ini memakan waktu cukup lama tergantung banyaknya file yang fragment,  setelah proses selesai, maka akses program komputer akan berjalan lebih cepat. Defragment jangan dilakukan pada media removable seperti Solid State Disk /SSD karena umur atau lama pakai tergantung dari frekuensi pemakaian / life span, dan pada media seperti ini tidak banyak mempengaruhi performanya, degragment lebih baik digunakan pada media mechanical hardisk.
  • Program alternatif selain defragment bawaan native Windows bisa menggunakan Defragger dari Piriform yang merupakan pembuat salah satu produk yang populer Ccleaner bisa didownload di www.piriform.com/defraggler/download
Defragger bisa digunakan di Windows XP, Vista, Windows 7 baik versi 32 atau 64 bit
Review program tersebut bisa dilihat di http://www.piriform.com/defraggler/reviews
defraggler2


Technorati Tags: , Defragger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar