Jumat, 24 Agustus 2012

Mencari Data Menggunakan Fungsi Vlookup Atau Fungsi Index ?


image
Pada program Excel 2007 menggunakan rumus Vlookup pasti lebih mudah dibandingkan dengan rumus Index, karena mungkin kita lebih dulu mengenal Vlookup dan sudah terbiasa, dibandingkan dengan Index yang jarang dipakai pada penggunaan sehari-hari, dan fungsi Index juga tidak sulit dan semudah penggunaan Vlookup.




Rumus fungsi Vlookup:

Rumus fungsi Index dan Match:

Perbedaan kedua fungsi tersebut bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

Keterbatasan Vlookup yaitu lokasi data /lookup value yang dicari harus diletakan pada paling kiri tabel atau range sehingga pada 1 range / tabel hanya bisa dilakukan 1 jenis pencarian


Sedangkan pada fungsi Index, lokasi data / lookup value yang dicari boleh dipilih di sembarang kolom sehingga fungsi Index lebih fleksibel tanpa harus memilih range yang paling kiri.


Contoh pencarian data menggunakan Vlookup dengan 1 variabel dan Index dengan 2 variabel, hasil pencarian pada kolom Price


Pada Vlookup variabel Merk yang dicari adalah Seagate, data terletak pada tabel 2, setelah mengisi Seagate didapat hasil query Price yaitu 916,000, pada Vlookup pencarian Merk tertentu yang terdapat pada tabel 1 tidak bisa diterapkan pada jenis tabel seperti ini karena Merk Seagate terdapat beberapa item.
Sedangkan pada Index, variabel yang digunakan adalah Merk dan Type karena pada tabel 1 terdapat data 1 Merk dengan beberapa Type, sehingga kita bisa mencari Merk Seagate dengan Type WD My Book Live akan menghasilkan query Price 916.000. Lookup value pada Index mengunakan key yaitu “Seagate & char(1) & WD My Book Live “ (Seagate WD My Book Live).
Vesi cetak dapat didownload di link ini dan contoh file Excel
Technorati Tags: ,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar