Senin, 20 Mei 2013

Google Instant Preview


Mencari data melalui Google menjadi lebih mudah dengan adanya feature Google Instant Preview yg mulai ditambahkan sejak tahun 2010, karena hasil pencarian selain berupa text juga ditambahkan tampilan gambar-gambar berupa thumbnail  dari websitenya.





Tetapi feature tersebut sekarang sudah tidak ada lagi, namun hanya berupa gambar panah warna hijau, yang menampilkan opsi Similar, Cache di bagian kanan setiap alamat website / URL. Dengan opsi Similar ini akan mengaktifkan operator Related yang menghasilkan query website yang mirip.




Keuntungan adanya feature Google Instant Preview :
  • Kita dapat mempermudah melihat hasil pencarian dengan adanya gambar thumbnail, dan tidak perlu masuk ke website tsb
  • Preview tsb dapat memberikan pilihan atau bantuan sebagai alternatif pencarian 
  •  Hasil pencarian dapat dibandingkan dengan apa yang sebenarnya kita cari apakah sesuai atau tidak dengan cepat.
Setelah feature tersebut dihilangkan dari Google, kita masih bisa mencari alternatif lain yaitu menggunakan Add-on browser, misalnya pada browser Chrome dengan ezLinkPreview, hanya dengan cara mengarahkan cursor pada salah satu link hasil query, maka akan muncul tombol Ez, kemudian click icon tersebut maka akan tampil gambar preview website tersebut.





Menggunakan Addon browser Chrome yaitu CoolPreviews , kursor berubah menjadi bentuk magnifying glass yg akan menampilkan snapshot website.
 








Pada browser Firefox bisa menggunakan addon Preview Peek for Google 2.0.1. Addon ini mungkin yang hampir mendekati Google Instant Preview. Gambar yang ditampilkan bisa berupa website screenshot atau thumbnailnya saja. Feature ini bisa dinonaktifkan / aktif dengan cara click tombol yang muncul di bagian kiri pada hasil query Google.


Instant preview tampak seperti gambar di bawah ini.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar